Sunday, July 11, 2010

Alat dan Mesin Pertanian untuk Pasca Panen Padi

Tentang alat dan mesin pertanian untuk pasca panen padi tidak identik harus yang canggih atau serba mesin. Yang perlu lebih dipahami adalah tujuan dari kegiatan pasca panen padi, yakni agar dihasilkan mutu gabah dan beras yang berkualitas, sehingga harga gabah atau beras yang dinikmati petani bisa lebih tinggi.

Untuk itu perlu dipahami bahwa penanganan pasca panen padi adalah merupakan subsistem dari sistem agribisnis padi yang mencakup kegiatan mulai dari panen sampai dengan menghasilkan beras atau tepung beras.

Ada beberapa tahap kegiatan dalam pasca panen padi yaitu panen, perontokan, pengeringan, penggilingan, pengemasan dan penyimpanan.

Tujuan dari pemanenan padi yakni memperoleh gabah yang sebanyak-banyaknya. Untuk itu langkah-langkahnya: tetapkan waktu panen yang tepat. Cirinya di antaranya kadar air 23 –27 %, kenampakan malai 90 % kuning. Selanjutnya siapkan tenaga. Siapkan alat : ani-ani, thresher, reaper, dll. Siapkan wadah : karung, keranjang, dll.Siapkan tali. Potong batang padi bagian atas, tengah atau bawah sesuai dengan cara perontokan. Masukkan ke dalam wadah atau diikat. Angkut ke tempat proses selanjutnya.

Langkah berikutnya adalah perontokan gabah. Tujuannya untuk mendapatkan gabah sebanyak-banyaknya. Caranya: Siapkan alat perontok (bisa pakai iles, atau pedal thresher), Siapkan alas, Siapkan wadah : karung, dll, lakukan perontokan secara manual atau mekanis, kumpulkan gabah hasil perontokan; Masukkan gabah ke dalam karung; Angkut ke tempat proses selanjutnya.

Selanjutnya gabah perlu dikeringkan. Tujuan pengeringan adalah mendapatkan gabah dengan kadar air 14 %. Pengeringan bisa dilakukan dengan penjemuran atau alat pengering (mesin dryer). Lalu simpanlah gabah tersebut. Tujuannya adalah untuk memperpanjang daya simpan dan mempertahankan kualitas. Gabah tersebut sewaktu waktu sudah siap untuk digiling menjadi beras.

Sumber: www.sinartani.com

0 comment:

Post a Comment

About This Blog

Blog ini dibuat hanya untuk ikut sumbangsih ide untuk pertanian. Tanpa pertanian, takkan ada pangan. Tanpa ada pangan, takkan ada kecukupan gizi. Tanpa ada kecukupan gizi, takkan ada bangsa yang kuat.
Bravo pertanian Indonesia............

Apa yang anda lakukan apabila anda ingin menunjukkan kepedulian anda terhadap pertanian Indonesia?

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP