Sunday, July 11, 2010

PRODUSEN DAN KAPASITAS PRODUKSI TRAKTOR DI INDONESIA

Beberapa alsintan dengan berbagai variasi model yang telah dikembangkan dan diproduksi oleh perusahan besar di Indonesia secara umum antara lain:
1. PT. Yanmar Agricultural Machinery Manufacturing Indonesia: traktor roda 4, power tiller, mini tiller, rice mill equipment, dan lain-lain.
2. PT Kubota Indonesia: Diesel engine, single cillinder, generator, power tiller, ridding tiller, water pump, rice milling unit (RMU), dan lain-lain.
3. PT. Agrindo : traktor roda 4, power reaper, RMU, dryer, pemisah menir, huller, rice polisher, paddy cleaner, diesel engine, power tiller, pompa air, dan lain-lain.
4. CV. Karya Hidup Sentosa: traktor roda 2, dan distribusi berbagai implemen pengolahan tanah, power thresher, RMU, Rice polisher, alat panen, pompa air, dan lain-lain.
5. PT. Traktor Nusantara : perusahaan ini lebih banyak distributor memproduksi traktor roda empat dengan merek Massey Ferguson.
6. PT. Altrak 1978 : distribusi traktor roda empat dengan merek New Holland.
7. PT. Bina Pertiwi : distributor merek traktor Kubota 4-roda pabrikan dari Jepang.
8. PT. Satrindo Mitra Utama : dengan merek dagang traktor roda empat John Deere.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Departemen Perindustrian (2008), produk traktor yang ada di Indonesia terdiri dari beberapa tipe : (i) sophisticated hand tractor; (ii) simple hand tractor; (iii) mini tractor; dan (iv) four-wheel drive tractor. Sophisticated hand tractor dan simple hand tractor merupakan traktor jenis 2-roda dengan tenaga penggerak maksimal 15 hp, poros tunggal, dan dikendalilikan oleh tangan oleh pengemudi atau operator. Sedangkan mini tractor adalah jenis traktor 4-roda dengan kapasitas tenaga kurang dari 25 hp. Dan four-wheel drive tractor adalah traktor 4-roda dengan tenaga antara 25 hp – 50 hp dan 50 hp ke atas.

Produsen sophisticated hand tractor didominasi oleh PT. Pupuk Iskandar Muda. Data ini yang diambil dari Departemen Perindustrian ini menunjukkan bahwa kapasitas produksi jenis traktor ini cukup besar, karena kebutuhan pasar juga sangat besar. Jenis traktor ini lebih banyak diekspor untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri.

Jenis traktor lain yang banyak beredar di Indonesia adalah simple hand tractor. Jenis traktor ini banyak digunakan oleh para petani padi dan palawija. Ada empat perusahaan yang memproduksi jenis traktor ini. Jumlah kapasitas produksi terpasang terbesar adalah CV. Karya Hidup Sentosa (lihat pada Tabel 6).

Untuk jenis traktor mini (mini tractor) banyak diserap oleh industri perkebunan. Pemain utama di segmen traktor ini adalah PT. Bhinneka Swadaya Inti dengan kapasitas 3.800 unit dan PT. Bina Pertiwi dengan 2.000 unit.

Untuk produsen traktor roda empat, masih dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan tersebut juga merupakan representatif perusahaan yang ada di luar negeri seperti Kubota, Yanmar, dan beberapa perusahaan asing dari Eropa. Perusahaan tersebut mengimpor mesin-mesin dan komponen kritikal yang tidak dapat dibuat sendiri oleh perusahaan dalam negeri dan kemudian proses assembling dilakukan di Indonesia. Produk akhir berupa traktor kemudian dipasarkan di dalam negeri dan sebagiannya untuk diekspor.

Data kapasitas produksi terpasang tidak tersedia, data yang tersedia juga kurang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk The Big Player di dalam industri traktor tidak ada data sekunder yang tersedia untuk dipublikasikan. Namun berdasarkan pengamatan dalam survey lapangan dan observasi tenaga ahli, beberapa perusahaan besar yang menguasai pasar traktor di Indonesia adalah Kubota Indonesia, Yamindo, KHS, Agrindo, Traktor Nusantara, Altrak 1978, Bina Pertiwi. Perusahaan ini memiliki branding positioning yang baik. Sehingga wajar bila merek traktor yang banyak beredar adalah merek traktor yang diproduksi oleh perusahaan tersebut, baik itu traktor 2-roda maupun traktor 4-roda.

Oleh: M. Ihsanur, konsultansi-agroindustri.blogspot.com

0 comment:

Post a Comment

About This Blog

Blog ini dibuat hanya untuk ikut sumbangsih ide untuk pertanian. Tanpa pertanian, takkan ada pangan. Tanpa ada pangan, takkan ada kecukupan gizi. Tanpa ada kecukupan gizi, takkan ada bangsa yang kuat.
Bravo pertanian Indonesia............

Apa yang anda lakukan apabila anda ingin menunjukkan kepedulian anda terhadap pertanian Indonesia?

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP